Senin, 05 Desember 2011

School Day 2

Hari minggu pagi gw berangkat buat hari ke-2 sekolah SCORE kita ini. Pas gw nyampe jatinangor jam 8 pagi.. WAKWAW... Macetnya ga gerak sama sekali gara-gara ada perkumpulan vespa di daerah atas jatinangor. 1 jam gw ga gerak sama sekali akhirnya gw muter balik dan nekat masuk ke pintu keluarnya gerbang UNPAD untuk baik si pa satpamnya.
Okey dan ternyata pas gw dateng ke A41 acara belom mulai, dan pas gw dateng duduk acara dimulai.. berasa nungguin gw mereka.. haha. Kita mulai biasalah make doa dan saritilawah.
Pertama-tama kita disuruh berkumpul sesuai UKMnya dan ngebuat simulasi rancangan RPO yang kemaren udah di kasih materinya sama kang Arif. Gw dari AMSA bareng temen-temen gw yang lainnya yaitu Fariz, Elisa, Lia, dan Randhi bareng-bareng ngerumusin dari masalah sampe ngebuat solusinya. Disini seru banget kita ngobrolnya sampe waktu ga kerasa udah jam 11 lagi.
Sesi ke dua kita dikasih materi oleh kepala sekolah kita sendiri Teh Fulki yaitu tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Ternyata Manajemen SDM itu katanya sama dengan Manajemen organisasi kita. Cara untuk memanage organisasi itu adalah pertama kita melakukan Recruitment. Untuk melakukan recruitment kita harus melihat job analysis terlebih dahulu yaitu job descriptionnya, job spesificationnya, dan analisis organisasinya. Setelah job analysis barulah kita melakukan yang namanya selection dan staffing seperti testing: kognitif, personality, dll. Bisa juga menggunakan wawancara atau teknik work sampling.
Yang kedua setelah recruitment adalah Regenerasi. Dimana terdapat orientasi yaitu yang pertama adalah kita harus memberikan Big Picture, artinya kita harus memberikan gambaran dari organisasi kita agar mereka lebih interest sama organisasi yang akan mereka masuki. Berilah mereka intro organisasi kita dan terakhir transferlah nilai-nilai, jiwa, visi dan misi dari organisasi kita, agar mereka mampu mengurus organisasi kita ini sesuai dengan pa yang kita harapkan. Setelah itu kita melakukan pelatihan dan pengembangan dimana sama-sama memiliki prosedur yang sistematis dan terorganisir. Lalu jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan dari komitmen yang mereka bentuk agar mereka betah bertahan, komit, dan loyal. Yaitu dengan cara pendekatan hati dari individu dan mengerti kekhasan masing-masing individu, adanya komunikasi yang intensif, reward system, dan adanya team bonding. Prinsip untuk pengembangan manusia ini adalah sabar, sekat kemudian pengaruhi, buat media yang menarik, beri contoh, dan dilakukan semua elemen.
Yang terakhir adalah suksesi yaitu melanjutkan strategic dari tim sebelumnya dan melakukan evaluasi dan upgrading.

Sesudah itu kita disuruh untuk melakukan simulasi pembuatan MSDM itu sambil istirahat dan solat zuhur. Jam 1 kita masuk dan eng ing eng.... hokben sudah menanti : 9 hehe.. makanlah kita sama-sam buat 1 lingkaran besar. Setalah makan kita mengundi siapa yang maju untuk ngejelasin RPO dan MSDM yang kita buat sebelumnya. Nah alhamduillah banyak belajar dari UKM-UKM lainnya. CIMSA, Obscura, Kastil, dan Basket. Masing-masing punya masalah dan solusi sendiri-sendiri.

Setelah itu kita nonton video yang kita bikin perkelas masing-masing tentang propaganda FKUP ini. Seru deh macem-macem,  dan ada video yang bikin kita murid-murid SCORE ketawa yaitu videonya Andi yang kaya ngehipnotis semua orang untuk jadi pengikutnya, hahaha... tapi asli semua video yang kita bikin keren-keren semua.
Diakhir sesi kita ngobrolin bareng-bareng tanpa ada guru-gurunya, yaitu buat nentuin ni SCORE itu mau ngapain setelah lulus. Kita debat mau bikin Festival Fk, meeting SCORE, dll. Intinya kita mau ngebuat kesinergisan kita antar UKM yaitu salah satu caranya adalah dengan membuat video propaganda satu angkatan SCORE.

Yang sedihnya ada evaluasi dari tim organel yaitu para guru kita. Yang paling sedih ketika Teh Fulki ngomong, karena itu adalah acar kemahasiswaan terakhir beliau di FKUP ini. Semagat teh.. :)

Terakhir kita semua jargon bareng-bareng dan luluslah kami menjadi SCORE angkatan pertama #fkunpadunite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar