Selasa, 29 November 2011

20 Orang Loyal

20 orang bukanlah kumpulan orang yang sedikit. Dengan memiliki 20 orang, kita bisa membuat suatu acara yang sangat besar. Bahkan kita bisa membuat suatu kota yang maju. Tapi ada kriterianya dimana 20 orang tersebut bisa membuat semua itu. Selain ilmu yang cukup, mereka juga harus memiliki rasa loyalitas terhadap organisasi atau komunitas itu. Tidak lupa, mereka juga harus memiliki pemimpin yang adil, jujur, bijaksana, dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Sebelumnya arti kata loyal itu adalah setia. Dimana ketika seseorang sudah memasuki suatu komunitas atau organisasi, ia harus setia pada komunitas atau organisasi tersebut dan setia pula pada perkerjaan atau profesinya. Tapi sekarang ini makna kata loyalitas terkadang dimanfaatkan oleh para pemimpin. Dimana semua bawahannya harus mengikuti apa yang diperintahkan pemimpinnya. Jika bawahannya tidak mematuhi apa yang diperintahkan atasannya, maka atasannya mengganggap bahwa bawahannya itu tidak memiliki loyalitas yang tinggi pada organisasinya atau komunitasnya. Maka dari itulah sekarang ini dibutuhkan pemimpin yang adil dan mengerti sekali makna kata loyal.

Seorang pemimpin jika ingin memiliki anggota yang memiliki rasa loyalitas yang tinggi, maka ia harus mengetahui apa yang diinginkan para anggotanya. Tidak memaksakan anggota untuk melakukan suatu hal yang tidak pada kemampuan si anggotanya tersebut. Bagaimana seorang pemimpin mendapatkan loyalitas para anggotanya terhadap suatu organisasi atau komunitas? Banyak hal cara untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah dengan merangkul para anggotanya dan berbincang-bincang tentang apa yang mereka inginkan di dalam organisasi atau komunitas tersebut. Kemudian setelah itu merumuskan apa yang mereka inginkan dan bagaimana cara pemimpin mengabulkan permintaannya tersebut. Seorang pemimpin dan seorang anggota harus mengerti apa tugasnya masing-masing di organisasi atau komunitas tersebut, agar tidak ada kesalah pahaman dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.

Selain itu pemimpin harus memiliki rasa adil dan dapat merangkul semua kalangan. Jika seorang pemimpin dapat merangkul semua kalangan, maka para anggotanya akan memiliki rasa nyaman dan merasa aman jika berada pada komunitas atau organisasi tersebut. Ketika seseorang merasa nyaman, maka orang itu akan dengan sendirinya menumbuhkan rasa kedekatan, kebahagiaan dan rasa memiliki. Dimana ketika sudah memiliki rasa memiliki, rasa tanggung jawab akan muncul. Jika sudah memiliki rasa seperti itu, mereka akan mematuhi apa yang harus ia kerjakan sesuai dengan pekerjaannya, tanpa instruksi pemimpinnya.

Berikan amanah pada setiap anggotanya. Dengan cara seperti ini, para anggota akan merasa bahwa ia dibutuhkan di dalam organisasi atau komunitas tersebut. Lagi-lagi tanggung jawablah yang ditumbuhkan kepada para anggotanya. Seseorang jika diberikan amanah maka ia akan merasa ia di anggap dalam komunitas atau organisasi tersebut. Maka ia akan merasa senang dan melakukan tugasnya dengan tulus tanpa ada keterpaksaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar